Selasa, 15 September 2009

Elegi Menggapai Kesaksian Sejarah Matematika Zaman Dahulu Dan Moderen

Wahai tahun-tahun, sudah saatnya engkau sekarang aku persilahkan untuk memberi kesaksianmu tentang karya-karya mereka dalam matematika. Silahkan:

Tahun 2450 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu orang-orang Mesir kuno telah memulai perhitungan tentang unsur-unsur segitiga. Mereka juga menemukan segitiga keramat dengan sisi-sisi 3, 4 dan 5
Tahun 1650 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu orang-orang Mesir telah menemukan bahwa keliling lingkaran dibagi garis tengahnya sama dengan 3,16

Tahun 530 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Pythagoras telah mempelajarai proposisi-proposisi pada geometri dan menemukan bilangan irrasional

Tahun 370 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Eudoxus menemukan cara menghitung luas daerah dengan metode menghabiskan

Tahun 350 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Aristoteles membuat buku logika pertama yang diberi nama Organon

Tahun 300 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Euclides meneribitkan buku geometri yang berjudul Element. Sedangkan buku yang terdiri dari 13 jilid itu memuat sistem aksiomatik.

Tahun 260 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Archimedes menemukan bilangan phi lebih teliti dari sebelumnya.

Tahun 225 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Apollonius menerbitkan buku yang bersisi berbagai macam perhitungan pada irisan kerucut, elip, parabola dan hyperbola.

Tahun 200 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Eratosthenes menemukan cara untuk mencari bilangan-bilangan prima

Tahun 140 sebelum masehi:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Hipparchus mengembangkan trigonometri

Tahun 250 :
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Diophantus menemukan variabel untuk penulisan aljabar dan menemukan arithmetika.

Tahun 450:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Tsu Ch'ung-Chih dan Tsu Kêng-Chih menemukan penulisan bilangan phi untuk 6 desimal

Tahun 550:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, bangsa Hindu menemukan bilangan nol dan penulisan sistem letak untuk bilangan

Tahun 750:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Al-Khawarizmi menemukan aljabar

Tahun 895:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Thabit ibn Qurra menemukan penyelesaian persamaan pangkat 3

Tahun 975:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Al-Batani menemukan konsep sinus dan cosinus serta rumus sin α = tan α / (1+tan² α) and cos α = 1 / (1 + tan² α).

Tahun 1020:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Abul Wafa menemukan rumus (α + β) = sin α cos β + sin β cos α

Tahun 1030:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Ali Ahmed Nasawi menemukan sistem sati hari terbagi menjadi 24 jam, satu jam terbagi menjadi 60menit, satu menit terbagi menjadi 60 detik.

Tahun 1070:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Omar Khayyam menulis Treatise on Demonstration of Problems of Algebra

Tahun 1202:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Leonardo Fibonacci memperkenalkan sistim bilangan arab dalam bukunya Book of the Abacus

Tahun 1614:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, John Napier menemukan logaritma Napier yang ditulis di bukunya Mirifici Logarithmorum Canonis Descriptio.

Tahun 1617:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Henry Briggs menemukan logaritma berbasis 10 yang ditulis dalam bukunya Logarithmorum Chilias Prima


Tahun 1619:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, René Descartes menemukan geometri analitik

Tahun 1629:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Pierre de Fermat menemukan kalkulus differensial

Tahun 1654:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Blaise Pascal menemukan teori probabilitas

Tahun 1655:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, John Wallis menulis buku Arithmetica Infinitorum

Tahun 1665:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Isaac Newton menemukan kalkulus

Tahun 1673:
Aku menyaksikan bahwa pada saatku itu, Gottfried Leibniz menemukan kalkulus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar